Resmi IPO Hari Ini, Saham SMLE Naik 24%

Resmi IPO Hari Ini, Saham SMLE Naik 24%

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia/ IHSG, Senin (22/11/2021) (CNBC Indonesia/Muhammad sabki)

Perusahaan distributor bahan baku khusus PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE) resmi mencatatkan Penawaran Umum Perdana Saham (Initial Public Offering/IPO) dan menjadi emiten tercatat ke-908 atau ke-5 tahun di 2024 di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Prseroan melapas sebanyak 465.625.000 sah atau sebanyak-banyaknya 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan nilai nominal Rp 10 per saham. Harga yang ditawarkan kepada masyarakat berkisar Rp 175 per saham.

Dalam debut perdananya, saham SMLE langsung naik 24% ke posisi Rp 224 per saham dari harga penawaran dan https://hokijackpot.store/ terus naik hingga 34,86% ke level Rp 236 per saham.

Direktur Utama PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk Siu Min mengatakan, IPO ini diharapkan akan memberikan sumber daya yang diperlukan untuk memperluas cakupan pasar, meningkatkan infrastruktur, serta memperkuat posisi PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk di pasar domestik.

“Perseroan mencatat pertumbuhan pendapatan yang luar biasa, dengan pertumbuhan rata-rata lebih dari 30% setiap tahun dalam 2 tahun terakhir. Pada periode Juni 2023, pendapatan Perseroan bahkan meningkat sebesar 49,35%, mencapai Rp92,3 miliar dibandingkan dengan Rp61,8 miliar pada Juni 2022,” ujarnya, Rabu (10/1).

Selain itu, secara bersamaan perseroan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 232.812.500 Waran Seri I atau sebanyak-banyaknya 12,50% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka IPO ini disampaikan.

Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada tanggal penjatahan. Setiap pemegang 2 saham SMLE berhak memperoleh 1 Waran Seri I dimana setiap 1 (Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel.

Waran seri I yang diterbitkan memberikan hak kepada pemegangnya untuk memesan saham biasa atas nama perseroan yang bernilai nominal Rp 10 setiap sahamnya dengan harga Pelaksanaan sebesar Rp 200 – Rp 210 per saham.

Waran Seri I dapat dilaksanakan menjadi saham Perseroan sejak 6 bulan setelah diterbitkan yang berlaku sejak tanggal 10 Juli 2024 sampai dengan 9 Januari 2025.

Total dana dari Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp 48.890.625.000.

Untuk memuluskan aksi korporasi ini perseroan menunjuk PT MNC Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO ini setelah dikurangi biaya- biaya emisi efek, akan digunakan untuk pembelian 1 gudang khusus bahan baku sekitar Rp 6 miliar.

Sekitar Rp3,4 miliar akan digunakan untuk pengembangan lab Research & Development Perseroan untuk dapat menghasilkan prototipe dan formulasi yang lebih cepat dan variative dengan tujuan untuk menunjang permintaan dari masing-masing pelanggan terkait spesifikasi bahan baku yang dibutuhkan.

Sementara, sisanya akan digunakan untuk modal kerja berupa pembelian bahan baku yang akan digunakan pada unit bisnis food ingredients, personal care & cosmetics ingredients, serta industrial chemical ingredients.

Sedangkan dana hasil pelaksanaan Waran Seri I, akan digunakan sebagai modal kerja berupa pembelian bahan baku yang akan digunakan pada unit bisnis food ingredients, personal care & cosmetics ingredients, serta industrial chemical ingredients.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*