Rajin Tambah Modal, Bos Bank Victoria Anak Pendiri Wings Grup

suzanna tanojo

Emiten jasa keuangan PT Victoria Investama Tbk (VICO) baru memborong saham anak usahanya yakni emiten perbankan PT Bank Victoria International Tbk. (BVIC) sebanyak 13,3 saham, dengan nilai transaksi mencapai Rp1,19 miliar. Kedua emiten tersebut merupakan bagian dari Victoria Group, yang dimiliki oleh keluarga Tanojo, salah satu keluarga konglomerat di Indonesia.

Bos dari Victoria Group itu sendiri adalah Suzanna Tanojo. Dia menguasai saham BVIC baik secara langsung maupun tidak https://apkmeja138.com/ langsung. Per 28 Februari 2023, dia secara langsung menggenggam 19,35% saham bank itu dan secara tidak langsung melalui PT Victoria Investama Tbk (VICO) sebesar 43,56%, melalui Chemical Asia Corporation Pte Ltd sebesar 4,96%, dan melalui PT Nata Patindo sebesar 0,31%.

Kantor Bank Victoria pun terletak di Gedung Graha BIP Lantai 3 Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Pemilik gedung tersebut adalah PT Asri Kencana Gemilang yang secara tidak langsung sahamnya dikendalikan oleh Suzanna sendiri.

Sebanyak 99,99% saham PT Asri Kencana Gemilang dimiliki oleh emiten properti PT Bhuwanatala Indah Permai Tbk. (BIPP). Sebanyak 66,52% saham BIPP dikuasai oleh Safire Capital Ltd. Sedangkan 100% saham Safire Capital Ltd. dimiliki oleh Chemical Asia Corporation Pte. Ltd. Saham Chemical Asia Corporation Pte. Ltd. pun dikuasai Suzanna sebanyak 36,58% dan anaknya, Louise Li sebanyak 63,11%.

Lalu siapa sebenarnya keluarga Suzanna Tanojo itu?

Melansir berbagai sumber, Suzanna adalah anak dari Wakijo Tanojo atau Tan Kiek Sie yang merupakan salah satu pendiri Wings Group, salah satu konglomerasi consumer goods asal Surabaya. Suzanna punya dua orang saudara yaitu Hendrik Tanojo dan Luciana Tanojo

Lahir di Tulung Agung, Jawa Timur pada tahun 1958, saat ini ia berdomisili di Jakarta. Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Airlangga, Surabaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*